Tips Mencari Pasangan Hidup Yang Tepat

pasangan hidupMencari pasangan hidup yang tepat tentunya menjadi hal yang di idamkan semua orang. Dalam hati kita berharap agar Tuhan memberikan kita pasangan yang sesuai dengan harapan dan impian kita. Sehingga kehidupan rumah tangga yang akan kita jalin nantinya akan berjalan menyenangkan dan selalu harmonis. Namun itu akan menjadi sulit bagi seorang yang memasang standar calon pendamping yang terlalu tinggi. Oleh karena itu bagi seorang yang kesulitan dalam menemukan pasangan saat ini juga perlu untuk introspeksi diri.

Mencari pasangan hidup memerlukan banyak pertimbangan karena pasangan hidup kita inilah yang akan menemani kita seumur hidup. Tak ada seorang pun yang ingin rumah tannganya berantakan dan mengalami perceraian. Untuk itulah kita harus benar-benar mencari pasangan hidup yang tepat untuk kita. Perceraian adalah sesuatu yang menyakitkan dalam hidup berumah tangga dalam kehidupan rumah tangga. Carilah pasangan hidup yang dapat mengerti tentang kondisi kita baik itu kondisi fisik, finansial dan kondisi lainnya.

Ceritakanlah kepada calon pasangan hidup tentang kondisi Anda sekarang dan di masa lalu. Namun Anda tidak harus mencritakan semua, pilihlah sesuatu hal yang penting yang memang harus diketahui pasangan Anda. Hal tersebut akan membuat pasangan merasa dihargai dan akan membangun rasa hormat dan sayang kepada Anda.

Tips Mencari Pasangan Hidup Yang Tepat

  • Bertemanlah dengan Banyak Orang

Perluaslah pergaulan Anda dan bertemanlah dengan banyak orang agar Anda dapat mengenal karakter masing-masing orang. Berteman dengan seseorang tidak harus memandang latar belakang ekonomi dan pendidikan. Seseorang yang baik tidak diukur dari segi tingkat pendidikan atau hartanya. Cobalah mengenal orang-orang dari berbagai segmen. Misalnya berkenalan dengan orang-orang diluar sana yang tidak satu perusahaan dengan kita. Bukalah pertemanan sebanyak-banyaknya karena dengan semakin banyak kenalan akan membuat Anda semakin bijaksana dan mempunyai banyak pilihan calon pasangan hidup.

  • Seiman

Kepercayaan dan agama yang dianut seseoarang merupakan prinsip hidup yang sudah mendarah daging sejak kecil. Nilai-nilah yang tertanam sejak kecil akan sulit jika diubah saat sudah dewasa. Karena itu, mencari pasangan hidup haruslah yang seiman agar penyesuaian prinsip menjadi lebih mudah dan tidak bertolak belakang. Menikah dengan seorang yang berbeda agama juga dilarang dalam beberapa agama. Oleh karena itu, cukuplah kita bergaul atau berteman dengan seorang yang berbeda agama. Seandainya Anda sudah terlanjur sayang alangkah baiknya jika Anda menyudahi hubungan Anda dan tidak melanjutkan ke jenjang pernikahan.

  • Carilah Di Tempat Yang Tepat

Mencari pasangan hidup yang tepat haruslah di tempat yang tepat. Anda bisa membayangkan sendiri pasangan seperti apa yang akan Anda dapatkan jika Anda mencarinya di tepat hiburan malam. Misalnya di di tempat karaoke, dugem dan di tempat yang penuh hura-hura. Hal yang janggal jika Anda mencari pasangan hidup di tempat seperti itu tapi mengharapkan seorang istri sholikhah sebagai pendamping hidup Anda kelak.

Bila Anda menginginkan seorang yang sehat dan bugar, Anda bisa memilih tempat olahraga sebagai sarana untuk mencari jodoh. Seorang yang selalu berolahraga dengan rutin dapat dinilai sebagai karakter yang memiliki pola hidup yang sehat. Selanjutnya perhatikan tempat tinggal dan lingkungan sekitar rumahnya. Bila rumahnya terurus dengan rapi maka dia adalah orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup yang dapat mengatur urusan rumah tangga dengan baik dan menjadi seorang istri yang mumpuni untuk membesarkan anak-anak kelak.

Tak hanya tempat olahraga saja yang dapat Anda temui untuk menemukan pasangan Anda. Namun diberbagai tempat juga bisa. Seperti tempat ibadah, perkumpulan kegiatan sosial, di kantor dan di tempat-tempat yang tentunya berpengaruh positif untuk Anda.

  • Kualitas Karakter Yang Baik

Pasangan hidup yang baik juga bisa dipilih dengan memperhatikan kualitas karakter yang dimilikinya semasa penjajakan atau lebih dikenal dengan pacaran. Misalnya, apakah dia seorang yang temperamental, over protectif, bagaimana penguasaan dirinya, bagaimana tanggung jawabnya akan suatu hal, apakah dia seorang yang sabar dan suka tergesa-gesa?

Cobalah terus perhatikan karakter yang dimiliki pasangan Anda dan sesuaikanlah dengan karakter yang Anda miliki. Jika Anda merasa sudah klop dengan karakternya berarti dialah yang cocok menjadi pasangan hidup Anda. Cara paling mudah untuk menilai seseorang yang berkarakter baik atau tidak sangatlah mudah yaitu dengan melihat kualitas agamanya. Seberapa dia beribadah dan beramal baik itu bisa menjadi tolak ukur yang akurat tentang kepribadian pasangan.

  • Tanyakan Pada Hati Anda

Hatimu yang terdalam tidak akan pernah salah dalam menilai. Cinta buta memang kadang dapat menutup mata hati sehingga kita tidak dapat melihat kenyataan yang ada. Utuk itu seringlah bertanya pada hati dan nilailah secara logika akan baik buruknya pilihan kita. Terkadang manusia menyukai sesuatu yang sebenarnya tidak baik bagi dirinya. Misalnya kebiasaan merokok atau minum bir. Kebiasaan tersebut pasti akan mendatangkan penyakit pada tubuh. Sebenarnya kita sudah tau dampak yang akan ditimbulkan dari minumal alkohol dan rokok tersebut namun banyak dari kita yang masih gemar mengkonsumsinya.

Kenapa bisa seperti itu? Karena mereka cinta dengan kesenangan sesaat sewakti merokok dan minum bir tapi melupakan dampak negatifnya. Mungkin seperti itulah ketika cinta melanda dan menutup mata kita. Sehingga berbagai saran dan pinangan dari seseorang yang lebih baik malah kita abaikan, malah lebih condong pada seorang yang tidak baik menurut pandangan orang tua.

  • Mintalah Saran Dari Orang Tua

Orang tua akan memberikan masukan yang baik untuk kita pertimbangkan. Untuk itu akan lebih baik jika Anda minta pertimbangan orang tua sebelum Anda mengenal lebih auh pasangan yang kini sedang mendekati Anda atau yang sedang Anda dekati. Jika orang tua terutama ibu menyetujui dan suka dengan padangan Anda maka lenjutkan. Namun jika orang tua tidak setuju maka lebih baik jangan Anda lanjutkan pendekatan itu karena itu akan berpengaruh dengan kehidupan Anda di masa yang akan datang. Orang tua adalah orang yang paling mengenal Anda sejak lahir, mengenal karakter dan kepribadian Anda. Jadi jangan pernah mengabaikan saran dari orang tua tentang cara mencari pasangan hidup yang sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

  • Berdoalah Kepada Tuhan Dan Mintalah PetunjukNYA

Tuhan akan mempertemukan kita dengan jodoh yang akan menemani kita kelak dan akan mendekatkan jika orang itu memang yang terbaik untuk kita. Mintalah kepada Tuhan untuk dijauhkan dari orang yang tidak tepat untuk Anda dan dekatkan dengan orang yang tepat untuk menjadi pasangan Anda. Dengan rajin berdoa dan beridafah, maka Tuhan akan menunjukkan jawabannya dengan caranya sendiri. Pasangan yang mana yang terbaik untuk Anda.

Berdoa adalah senjata utama bagi orang yang beriman. Melupakan doa berarti ibarat kita berangkat perang tanpa membawa sejata. Sudah tentu hasilnya akan berbeda, bukan kemenangan melainkan kekalahan yang mengecewakan. Mintalah petunjuk kepada Tuhan Semesta Alam pasangan hidup untuk mendampingi Anda. Berdoalah sedetail mungkin agar perasaan gelisah Anda bisa hilang dengan larutnya Anda dalam suasana khusyuk.

Mencari pasangan hidup terkadang cepat bagi seorang yang dekat dengan penciptanya karena dia dapat menilai seorang yang tepat berdasarkan hatinya yang bersih. Hati yang dekat dengan Tuhan akan senantiasa tenang dan damai, untuk menentukan pasangan hidup juga memerlukannya.

  • Mintalah Bantuan Fasilitator Atau Pakar Pengasihan Untuk Mencari Pasangan Hidup Anda

Cara terakhir yang dapat Anda ambil adalah Dengan meminta bantuan Pakar Pengasihan untuk mencari pasangan hidup Anda. Selain itu Anda bisa meminta bantuan keluarga, kerabat dan teman-teman untuk mencarikan Anda pasangan hidup yang tepat.

Facebook Comments