Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Meredam Pertengkaran dengan Pasangan

meredam pertengkaran dengan pasangan

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan kehidupan berumah tangga. Pastinya tak akan lepas dari pertengkaran. Entah itu pertengkaran kecil atau pertengkaran besar yang bisa memicu keretakan rumah tangga. Tetapi jika sering bertengkar juga tidak baik. Sebaiknya harus mencari tahu cara meredam pertengkaran dengan pasangan agar hubungan tetap harmonis.

Pertengkaran dalam kehidupan rumah tangga adalah hal wajar. Karena ada dua kepala yang terkadang tidak sejalan. Tapi sebagai pasutri (pasangan suami istri) yang baik seharusnya saling menjaga. Menghindari pertengkaran yang memicu keretakan rumah tangga.

Cobalah menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin. Jangan mengutamakan emosi ketika bertengkar. Memang sulit dilakukan, tapi hal tersebut bisa cepat meredakan pertengkaran. Seorang pakar percintaan, Ning Asmara, mengungkapkan ada tujuh hal yang bisa dilakukan ketika ingin meredam pertengkaran dengan pasangan. Simak tips dari Ning Asmara berikut ini:

  1.       Minta maaf terlebih dahulu

Jika Anda melakukan kesalahan maka segeralah untuk meminta maaf. Sebuah kata maaf bisa meredam amarah. Bisa membuat pasangan luluh dan memaafkan Anda. “Tapi minta maaflah dengan tulus. Anda benar-benar mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulanginya kembali”, ucap Ning Asmara.

  1.       Dengarkan pasangan

Ketika bertengkar tentunya pasangan akan marah dan mengungkapkan semua perasaannya. Amarah dan rasa kecewa atas apa yang terjadi padanya. Maka dengarkanlah semua apa yang diungkapkan oleh pasangan dengan baik. Jangan menyela atau membantahnya. Biarkan pasangan mengungkapkan semua amarah dan kemelut dalam hatinya. Anda cukup mendengarkan hingga pasangan tenang kembali.

  1.       Berkata dengan intonasi lembut

Jika Anda bersungguh-sungguh ingin meredam pertengkaran dengan pasangan, maka jangan gunakan intonasi tinggi. Apalagi berkata kasar dengan pasangan. Justru hal tersebut akan memicu amarah semakin meluap. Jika Anda dan pasangan sama-sama meluapkan amarah dengan intonasi tinggi maka meredam pertengkaran dengan pasangan akan semakin sulit. Sebaliknya, jika Anda menggunakan intonasi dan kata-kata yang lembut, pasangan lebih bisa mendengarkan apa yang Anda katakana. Sehingga terjalin komunikasi yang efektif untuk meredam pertengkaran.

BACA JUGA: RAHASIA PASUTRI HARMONIS – SEMAKIN TUA SEMAKIN LENGKET

  1.       Berikan pujian kepada pasangan

Tips keempat dari Ning Asmara yaitu berikan pujian kepada pasangan. Setelah meminta maaf, Anda bisa memuji pasangan agar hatinya semakin luluh. Besarkan hatinya dengan memberikan pujian yang tulus. Hal itu bisa memberikan keceriaan pada pasangan. Jika perasaannya lebih bahagia maka pertengkaran yang terjadi bisa mereda.

  1.       Berikan waktu kepada pasangan

Ketika selesai bertengkar, maka berikan waktu kepada pasangan untuk menyembuhkan luka akibat pertengkaran. Berikan waktu untuk merenung dan berpikir. Pasangan juga membutuhkan waktu untuk menyendiri terlebih dahulu. Jangan menekan atau menarik pasangan secara paksa. Hal itu bisa mempersulit Anda meredam pertengkaran.

  1.       Hindari menyelesaikan masalah saat lelah

Ketika Anda ingin menyelesaikan masalah, gunakanlah waktu yang tepat. Jangan gunakan waktu ketika Anda sedang lelah atau mood sedang tidak bagus. Hal itu mempersulit Anda untuk berpikir jernih. Bisa jadi Anda malah semakin memperkeruh keadaan. Carilah waktu yang tepat untuk Anda dan pasangan bisa mengobrol dari hati ke hati.

  1.       Berikan sentuhan pada pasangan

Tahukah Anda? Ada sebuah studi yang menjelaskan bahwa sentuhan bisa memberikan efek menenangkan dan meredakan stres. Hal ini bisa menjadi salah satu cara Anda untuk meredakan pertengkaran dengan pasangan. Berikan sentuhan kepada pasangan, misalnya menggenggam tangannya, merangkul atau memeluk pasangan anda. Dengan begitu pasangan anda bisa lebih rileks dan tenang. Pertengkaran yang terjadi bisa cepat mereda.

Itulah tujuh tips dari Ning Asmara yang bisa Anda tiru. Semoga tips ini bisa membantu Anda meredam pertengkaran yang terjadi antara Anda dengan pasangan. Jika Anda membutuhkan bantuan Ning Asmara bisa menghubungi beliau di sini.

Facebook Comments