Inilah 5 Tips Membangun Fondasi Keluarga Supaya Selalu Harmonis

Memiliki keluarga yang harmonis adalah dambaan setiap pasangan di seluruh dunia. Dimana memiliki pasangan yang saling menyayangi, menghargai, dan mengerti satu sama lain. Tentunya termasuk Anda juga sangat menginginkan memiliki keluarga yang harmonis, bukan? Karena memiilki keluarga harmonis akan membuat kehidupan terasa lebih sempurna.

keluarga harmonis

Pada awal pernikahan tentunya Anda membayangkan kehidupan keluarga anda akan baik-baik saja. Pasangan akan lebih perhatian dan mengerti karena sudah terikat dengan ikatan janji suci pernikahan.

Tapi faktanya tidak semua pasangan memiliki keluarga yang harmonis. Malah bisa jadi setelah menikah hubungan yang dulu mesra dan saling memahami berubah semakin renggang. Pasangan kita yang sekarang tidak sebaik dulu yang penuh perhatian dan kasih sayang. Lebih buruknya lagi malah terkadang mendapat balasan yang sangat menyakitkan, seperti perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga atau sering kita dengar permasalahan KDRT.

Tips Membangun Keluarga Harmonis

Bisa jadi permasalahan tersebut muncul karena berawal dari perbedaan pendapat atau pertengkaran kecil. Tapi jika hal tersebut sering terjadi berulag kali juga akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Pastinya pasangan akan merasa risih dan terganggu jika hal tersebut terjadi berulang kali. Lama-kelamaan pasangan akan merasa bosan, sehingga rasa perhatian akan berkurang dan hubungan mesra akan semakin hilang. Dambaan memiliki keluarga yang harmonis akan semakin sirna.

Seharusnya hal tersebut bisa diminimalisir jika mampu mengetahui fondasi keluarga harmonis. Lalu apa saja tipsnya untuk membangun fondasi keluarga harmonis? Simak 5 tips membangun fondasi keluarga harmonis dari Ning Asmara, seseorang yang ahli mengatasi masalah percintaan dan keharmonisan keluarga.

  1.   Mendekatkan diri pada Tuhan

Salah satu fondasi penting membangun rumah tangga yang harmonis yaitu lebih mengenal dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Jika meyakini dan bersandar pada Tuhan, maka segala permasalahan keluarga yang kurang harmonis akan dihadapi dengan sabar dan lapang dada atau ridho menerima segala rintangan yang sedang dialami bahtera rumah tangga. Yakin dan percaya bahwa semua yang dihadapi merupakan salah satu cara Tuhan menaikkan derajat ciptaannya dan semua permasalahan akan menemukan titik terangnya.

  1.   Menerima kelebihan dan kekurangan pasangan

Di dunia tidak ada manusia yang sempurna. Termasuk pasangan anda juga bukan lah manusia sempurna. Tentunya dia memiliki kekurangan yang bisa jadi anda tidak sukai. Tetapi sebagai pasangan yang dewasa hendaknya bisa menerima segala kekurangan pasangan. Karena tentunya tidak hanya pasangan anda yang memiliki kekurangan, anda juga pastinya memiliki kekurangan. Tapi pasanganmu berbaik hati menerima segala kekuranganmu dengan ikhlas.

“Lebih baiknya jangan hanya fokus pada kekurangan pasangan, tetapi fokuslah juga pada kelebihan pasangan. Dengan begitu hal-hal indah akan tertanam dalam diri anda sehingga suasana bahagia dalam rumah tangga bisa terbentuk”, saran dari Ning Asmara.

Baca Juga : 5 TANDA WANITA YANG BOSAN DENGAN KEKASIHNYA

  1.   Menjaga komitmen jangka panjang dengan pasangan

Jika Anda menikah tentunya sudah mengikrarkan janji suci yang artinya memiliki komitmen panjang untuk hidup bersama pasangan. Karena pernikahan diikat dengan janji suci lebih baiknya Anda dan pasangan bersama-sama menjaga komitmen jangka panjang itu. Dengan berbicara saling terbuka dan menyampaikan pendapat bagaimana saling menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Kerterbukaan tersebut bisa membentuk fondasi keluarga yang harmonis.

   4. Mengutamakan kebersamaan untuk keluarga

Salah satu kunci menjaga keharmonisan keluarga yaitu mengutamakan kebersamaan keluarga. Anda bisa menyediakan waktu khusus untuk keluarga tanpa gangguan dari luar. Misal seminggu sekali menyediakan waktu khusus untk keluarga tanpa gangguan urusan pekerjaan. Dengan begitu semua perhatian akan tercurahkan hanya untuk keluarga. Sehingga pasangan dan anak-anak akan merasa mendapatkan perhatian penuh dari Anda. Secara otomatis pasangan juga akan membalas dengan memberikan perhatian lebih kepada Anda. Maka keharmonisan keluarga bisa terjaga dengan baik.

  1.   Dewasa menghadapi masalah

Saran yang kelima dari Ning Asmara yaitu bersikap dewasa dalam menghadapi masalah. Kedewasaan menjadi salah satu kunci sukses menghadapi masalah. Termasuk menghadapi masalah keluarga. Jika dihadapi dengan sikap yang dewasa maka permasalahan akan terselesaikan dengan baik. Menghadapi dengan sikap dewasa di sini berarti Anda bersikap bijak dan tegas menghadapi masalah serta berpegangan teguh pada agama. Dengan begitu keharmonisan keluarga bisa terjaga dengan utuh. 

Itulah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun fondasi keluarga harmonis. Semoga tips ini bisa membantu Anda menjaga keharmonisan keluarga. Tetapi jika Anda sudah berusaha maksimal tapi belum membuahkan hasil, Anda bisa memecahkan permasalahan keluarga anda di sini. Seorang pakar yang ahli di bidangnya siap membantu Anda menyelesaikan permasalahan keluarga.

Facebook Comments