Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mantan Istri/Suami Demi Anak

menjaga hubungan baik dengan mantan

Jika sudah berpisah dengan pasangan tentunya akan sulit untuk bisa membangun hubungan baik. Karena sebelumnya memang sudah ada pertikaian. Tapi meskipun sulit, Anda tetap harus menjaga hubungan baik dengan mantan suami/istri. Apalagi jika Anda dan mantan pasangan sudah memiliki buah hati. Berbaikan dengan mantan pasangan demi masa depan anak.

Menurut Ning Asmara, seorang pakar asmara dan hubungan rumah tangga, menjelaskan bahwa berpisah atau bercerai dengan mantan pasangan tidaklah harus memutuskan hubungan silaturahmi apalagi bermusuhan. “Meskipun menjalin hubungan baik dengan mantan pasangan itu terasa sulit, tapi demi masa depan anak tetap harus bisa menjaga silaturahmi. Memutus silaturahmi juga tidak baik dalam ajaran Islam.”, ucap Ning Asmara.

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan? Simak cara yang tepat menjaga hubungan baik dengan mantan istri/suami menurut Ning Asmara berikut ini.

  1.   Fokus masa depan anak

Meskipun sudah berpisah, anak tetap menjadi tanggung jawab bersama antara Anda dan mantan pasangan. Jika Anda menginginkan masa depan yang terbaik untuk anak, cobalah kesampingkan ego anda. Fokus pada masa depan anak. Diskusikan dengan mantan pasangan bagaimana caranya anak tetap mendapatkan perhatian dan pendidikan yang terbaik.

  1.   Maafkan diri sendiri dan mantan pasangan

Setelah bertengkar dengan mantan pasangan dan  memutuskan untuk bercerai tentunya akan merasakan perasaan yang campur aduk. Anda akan merasakan sedih, marah, benci, dan juga bersalah. Tapi Anda tetap harus bisa berdamai dengan diri anda sendiri. Maafkan diri sendiri dan mantan pasangan. Belajar untuk berdamai dan bangkit dari ketepurukan.

  1.   Atur waktu bersama anak

Setelah bercerai dengan mantan pasangan pasti akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya intensitas bertemu dengan buah hati. Jika sudah berpisah, beberapa orang ada yang merasa kesulitan bertemu dengan anak. Tapi meskipun sudah berpisah, apapun alasannya, anak tetap membutuhkan perhatian dari kedua orang tuanya. Oleh karena itu, anda harus bisa mengatur waktu bersama anak.

BACA JUGA: PASTIKAN HUBUNGAN ANDA BERKUALITAS! ADA 7 TANDA YANG WAJIB ANDA TAHU

  1.   Jangan menjelekkan mantan pasangan di depan anak

Rasa benci terhadap mantan pasangan tentunya akan tetap ada. Tapi tidak seharusnya menunjukkan kebencian itu di depan anak. Jangan menjelekkan mantan pasangan di depan. Karena bagaimanapun juga mantan pasangan anda adalah orang tua kandungnya. Jangan menanamkan kebencian pada anak karena itu bisa berdampak buruk pada perkembangan anak.

  1.   Menjaga pikiran selalu positif tentang mantan pasangan

Salah satu cara terbaik untuk menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan yaitu selalu berpikiran positif tentang mantan pasangan. Dengan berpikir positif, Anda bisa memaafkan dan berdamai dengan mantan pasangan. Mengobati luka di hati dan menghapus trauma atas perceraian yang sudah terjadi.

  1.   Jaga hubungna baik dengan keluarga mantan pasangan

Ketika Anda bercerai dengan mantan pasangan tentunya ingin menghapus semua yang hal berkaitan dengannya. Namun, bukan berarti Anda akan menghapus kekerabatan dengan keluarga besar mantan pasangan, kan? Karena bagaimanapun juga mereka tidak seharusnya dilibatkan dengan permasalahan pribadi antara Anda dan mantan pasangan. Orang tua mantan pasangan anda tetap menjadi kakek dan nenek dari anak anda. Berhak menyayangi cucunya dan begitu sebaliknya dengan anak anda yang berhak menyayangi kakek dan nenek mereka.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisa menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Jika masih menemui kendala, Anda bisa berkonsultasi dengan Ning Asmara di sini.

Facebook Comments